Bencana Alam Puting Beliung, TNI Polri Kerahkan 1 SSK Perbaiki Rumah Warga

Vimanews-TEGAL-Sedikitnya 125 rumah di Kelurahan Margadana dan Kalinyamat Kulon Kecamatan Margadana, Kota Tegal, rusak setelah diterjang puting beliung, Jumat (26/2/21) sekira pukul 04.00 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut.

Data dari PMI Kota Tegal menyebutkan, 81 rumah rusak berada di lima RW Kelurahan Margadana. Sementara 44 lainnya berada di dua RW di Kalinyamat Kulon.

Gerak cepatpun diambil  Komandan Kodim 0712 Tegal dan Kapolres Tegal Kota dengan mengerahkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) atau sekitar 100 personel untuk membantu memperbaiki rumah yang rusak akibat puting beliung tersebut.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan se)telah salat Jumat, akan langsung mengerahkan TNI Polri untuk membetulkan atap rumah sehingga bisa dihuni lagi sebelum hujan turun.

“Kita menunjukan sinergitas yang nyata TNI-Polri hadir memberikan pelayanan dan perbantuan kepada masyarakat,” kata AKBP Rita Wulandari.

Komandan Kodim Letkol Inf Sutan Pandapotan menyampaikan, menerjunkan satu SSK yang merupakan personel gabungan TNI Polri.  

“Kita kerahkan satu SSK TNI Polri. Ada beberapa personel yang ditunjuk langsung di setiap rumah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang terdampak,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, Sutan mengimbau untuk selalu tanggap bencana mengingat cuaca yang sedang ekstrim belakangan ini.  

“Terpenting lagi adalah kesiapan kita menghadapi bencana. Di diri kita, di rumah kita, misal kita siapkan berkas dan barang berharga dalam satu tas, apabila bencana datang bisa segera diamankan,”ujarnya.

Lebih lanjut Sutan menyampaikan perlunya mengedukasi masyarakat agar lebih memahami apa yang harus dilakukan apabila bencana yang tak diinginkan itu datang.  

“Kita tahu cuaca akhir-akhir ini yang sangat ekstrim. Untuk itu perlu adanya sosialisasi baik dari TNI Polri maupun Pemda. Yang terpenting adalah kesiapan, ketidakpanikan, dan tahu cara apa yang harus dikerjakan masyarakat harus paham,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!