Blangko SIM Habis, Polres Tegal Kota Berikan Surat Keterangan Sementara

Vimanews-TEGAL-Blangko atau material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di Kepolisian Resort Tegal Kota saat ini sedang tidak ada atau kosong.

 

Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Sri Ningsih Iriani melalui Baur SIM, Aiptu M Kharis, Kamis (27/7/17).

 

Menurut M Kharis meski blangko sementara mengalami kekosongan namun pelayanan tetap berjalan seperti biasa.

 

“Pelayanan tetap berjalan dan mekanisme tetap jalan. Karena blangko kosong, maka hanya diberikan surat pengganti SIM sementara. Itu bisa digunakan dan kekuatan hukumnya sama dengan SIM asli, “jelas Kharis.

 

Lebih lanjut Kharis menjelaskan, meski SIM sementara berbentuk lembaran kertas saja dan ada stempelnya namun surat ini pengganti SIM. Jika pengendara menunjukan surat ini, maka tidak akan ditilang.

 

Kehabisan blangko SIM, kata Kharis, juga dialami daerah lain. Hal tersebut disebabkan karena lelang pengadaan blangko di Korlantas Polri masih berlangsung.

 

“Bahan ini habis sudah sekitar tiga hari yang lalu. Sebagai gantinya kami berikan SIM sementara. Dan SIM sementara ini juga berlaku sampai nanti material SIM sudah datang,” ungkapnya.

 

Kharis menambahkan dari informasi yang ada blangko SIM selesai dilelang sekitar bulan Oktober.

 

Sementara seorang pemohon SIM, Atika, mengaku sempat kaget saat perpanjangan hanya diberikan sebuah lembaran surat saja.

 

Namun demikian, ibu dua anak itu tak bisa menolak atas surat pengganti SIM tersebut.

 

”Yang penting surat ini aman, saya mau. Termasuk tidak ditilang kalau ada razia,” pungkasnya.

 

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!