Dewi Aryani : 4 Pilar Kebangsaan Menjadi Fondasi Keutuhan Berbangsa Dan Bernegara

Vimanews-TEGAL-Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, MSi, Jumat-Sabtu (20-21/7/18) mengadakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan digelar di dua tempat yakni di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi dan di Desa Sumingkir, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal.

Selain warga dari desa-desa di Kecamatan Suradadi dan Kecamatan Kedungbanteng pada Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut juga hadir tokoh masyarakat lintas agama.

Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr menyampaikan bahwa kesadaran Kebhinekaan Tunggal Ika dalam Berbangsa dan Bernegara merupakan perwujudan Pancasila, sehingga memandang bentuk Negara sebagai NKRI merupakan pemandangan yang final.

“Tujuan sosialisasi 4 pilar ini, adalah untuk memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang DeAr.

Banyaknya konflik, menurut DeAr, mulai dari kasus pilkada, tawuran antar kampung, genk, SARA merupakan potensi disintegrasi bangsa. Untuk itu perlu memperkuat Potensi Integrasi Bangsa, seperti gotong royong, kerukunan umat beragama, suku, daerah dan juga partai politik.

“Dengan melaksanakan Pancasila untuk mewujudkan UUD 45, sehingga terbentuk NKRI yang ber Bhinneka Tunggal ika. Bentuk NKRI merupakan keniscayaan dalam membetuk Negara, karena tidak ada satu suku pun yang mendiami wilayah secara homogeny, tetapi bersuku-suku atau heterogen,” jelas politisi PDI Perjuangan yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes).

Kesimpulannya, lanjut DeAr, untuk menghadapi potensi Disintegrasi bangsa, keempat pilar tersebut perlu untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. “Kuncinya adalah pendidikan, sehingga rakyat jadi pintar, sehat dan sejahtera,” tutup DeAr.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!