Dewi Aryani : Pembangunan Nasional Beriringan Dengan Tata Kelola Pemerintahan

Vimanews-TEGAL-Anggota DPR-MPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, MSi melaksanakan kegiatan dengar pendapat di dua lokasi yaitu Kecamatan Tarub dan Kecamatan Suradadi, Jumat (27/4/18).

Dalam kegiatan tersebut Dewi Aryani menyampaikan tema ‘Arah Dan Tahapan Pembangunan Bidang Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintah.

Dewi Aryani mengatakan ada keterkaitan antara tujuan nasional, ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan dalam pembangunan.

Tujuan nasional tidak akan bisa dicapai bila tidak ada ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang baik. Jadi keduanya harus berjalan beriringan.

“Ketahanan nasional pun tidak akan terwujud bila tidak ada tata kelola pemerintahan yang baik, setidaknya memenuhi unsur transparansi dan akuntabilitas,”jelas DeAr panggilan akrab Dewi Aryani.

Saat ini, menurut DeAr telah terdapat upaya untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik. Dapat dilihat dari adanya beberapa peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan untuk mendukung terciptanya suatu tata kelola pemerintah yang baik.

Di antaranya, Undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan dan UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“Saya mengingatkan agar jangan sampai Indonesia menjadi negara gagal sebagaimana negara lainnya karena ketidakmampuan dalam mengelola tata pemerintahanan secara baik dan dalam mengelola sumber-sumber ketahanan nasional yang mereka miliki, seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia,” Imbuh DeAr.

DeAr juga menekankan agar pemerintah perlu senantiasa meningkatkan pembangunan sumber daya manusia karena sumber daya manusia ini adalah salah satu bagian penting dari unsur pembentukan ketahanan nasional.

Menurut DeAr dengan terlaksananya pembangunan sumber daya manusia yang sesuai, maka tentunya hal ini akan memiliki dampak positif terhadap upaya pembangunan tata kelola pemerintahan yang memerlukan individu-individu yang berkualitas, baik secara moral maupun intelektual dan sehat jasmani maupun rohani.

“Hal ini sangat perlu diketahui masyarakat, sehingga bisa memahami bagaimana dan apa yang dilakukan pemerintah,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!