Dewi Aryani: Rakyat Sehat Negara Kuat Jangan Hanya Jadi Slogan

Vimanews-TEGAL-Kasus virus Corona menjadi isu seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan sudah semakin banyak masyarakat dengan kondisi ciri ciri tertentu yang meminta di periksa untuk memastikan terpapar atau tidak virus tersebut di berbagai kota termasuk di kabupaten tegal.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani, Jumat (13/3/2020) siang.

Namun, kata Dewi, masyarakat tidak perlu panik dan ketakutan, setidaknya harus tetap waspada serta melakukan antisipasi melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Dengan gerakan ini, kita bisa menghindari berbagai macam penyakit termasuk kemungkinan terpapar virus yg di duga sangat mematikan dalam waktu cepat ini,”ujar Dewi Aryani yang juga merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Menurut Dewi, saat ini satgas nasional lintas kementrian sebagai sarana koordinasi lintas sektor secara nasional belum juga di bentuk pemerintah.

Koordinasi Kemenkes juga belum maksimal. Jangan sampai keterlambatan ini menjadi indikasi akan jebolnya sistem pertahanan negara di bidang kesehatan.

“Rakyat sehat,negara kuat jangan hanya jadi slogan tapi segera realisasikan dalam sistem penanganan berbagai penyakit secara konprehensif,”ujarnya.

Apalagi, sambungnya, sekarang seluruh dunia sedang menuju krisis global akibat dampak wabah covid 19.

“Selain itu masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap menerapkan hidup sehat dan bersih. Cara mencegah yang paling mudah adalah sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang berada di tempat keramaian,”katanya.

Termasuk menjaga kebersihan diri, kebersihan rumah dan lingkungan masing masing.Jaga stamina dengan makanan bergizi seimbang dan banyak makan sayuran dan buah buahan lokal.

“Jika ada keluarga atau tetangga yang memiliki riwayat bepergian dari berbagai negara,harap segera melapor untuk di lakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat atau rumah sakit yang ada di wilayahnya masing masing,” jelas Dewi

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!