Dinkes Kota Tegal Mulai Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Fasilitas Umum

Vimanews-TEGAL-Dinas Kesehatan Kota Tegal melaksanakan penyemprotan disinfektan di lingkungan Masjid Agung, Kamis (19/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di Kota Tegal..

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Dinkes Kota Tegal, Siti Halamah mengatakan akan dilakukan penyemprotan di tujuh lokasi, yang meliputi tempat ibadah dan pasar. Penyemprotan dilakukan selama tiga hari untuk 19 lokasi.

Pada kegiatan tersebut, dua petugas berseragam Alat Pelindung Diri (APD) langsung menyiapkan diri melakukan penyemprotan di Masjid Agung.

Setiap sudut mendapat cairan disinfektan, seperti gagang pintu, besi pegangan tangga, keran wudu, kotak amal hingga mimbar khotbah.

Selama proses penyemprotan, seluruh ruangan ditutup sementara.

“Tak hanya masjid, kita sudah agendakan penyemprotan di sejumlah gereja, vihara, klenteng dan pasar. Tentunya untuk menjaga lingkungan dari kebersihan. Selain kita itu, kita juga perlu mawas diri, ikut menjaga diri sendiri serta keluarga,” terang Halamah.

Dalam kesempatan tersebut, Halamah juga membagikan tips kepada masyarakat untuk bisa membuat sendiri. Contohnya seperti membuat cairan disinfektan menggunakan bahan yang sangat familiar.

Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan yakni, cairan pemutih baju berbagai merek, air putih biasa dan botol spray plastik.

Untuk pembuatan berbahan 500 mililiter air, cukup dicampurkan dengan satu sendok larutan pemutih. Sedangkan untuk satu liter air, gunakan dua sendok pemutih.

Setelah dicampurkan, lanjutnya,cairan disinfektan mandiri sudah dapat digunakan. Tetapi ingat, perlu masker dan sarung tangan saat menyemprotkan.

“Hindari pula makanan dan minuman yang ada di rumah. Tips ini merupakan panduan dari Kemenkes,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!