Jumadi Minta Tempat Ibadah Ketat Jalankan Protokol Kesehatan

Vimanews-TEGAL-Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi melakukan tinjauan keseluruh tempat Ibadah yang ada di Kota Tegal, Rabu (3/6/2020).

Jumadi memastikan seluruh tempat ibadah tersebut telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Tinjauan ini bertujuan untuk memastikan protokol kesehatan sudah diterapkan di seluruh rumah ibadah dalam pelaksanaan new normal atau tatanan normal baru di Kota Tegal,” kata Jumadi.

Ada lima tempat ibadah dan satu pesantren yang ditinjau yakni Gereja Bethel Indonesia di Jl. Asem Tiga, GPdi Mahanaim Jl. Kapt. Ismail, Gereja Kristen Jawa Tegal Jl. Dr. Sutomo, Metta Vihara Jl. Udang, Klenteng Tek Hay Kiong Jl. Gurame dan Ponpes Al Munawwaroh Jl. Prof. Dr. Buya Hamka Margadana.

“Seluruh tempat ibadah mulai dari masjid, gereja, vihara, pura patuh dan taat untuk mensukseskan program dalam pelaksanaan new normal,” ungkap Jumadi kepada awak media disela sela kunjungannya ke GKJ Kota Tegal.

Dalam pelaksanaan new normal, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antara Pemkot bersama seluruh tokoh agama di Kota Tegal.

“Harapan kami di era new normal ini tidak terjadi outbreak kembali atau gelombang kedua,”ujar Jumadi

Caranya, sambung Jumadi, dengan meningkatkan protokol kesehatan tanpa kompromi.

“Pakai masker wajib, jaga jarak juga wajib, dan lainnya di masa new normal ini,” tandasnya.

Kepada pengurus tempat ibadah, Jumadi juga meminta, untuk membatasi jumlah jamaah dan menambah jam ibadah jika jamaahnya cukup banyak.

“Misal jamaah di Gereja Kristen Jawa ini ada 200 jamaah. Saya minta untuk dibagi empat atau lima jam ibadah,”katanya..

Hal ini, kata Jumadi, untuk membatasi sekaligus kehati-hatian kita agar tidak terjadi berjubelnya jamaat yang jadinya physical distancing-nya tidak tercapai.

Terkait ibadah dengan tata cara online, Jumadi juga telah melihat di Gereja Mahanaim dan GBI selama ini ibadah sudah dilaksanakan online saat PSBB.

Tetapi karena sudah era new normal, Jumadi mempersilakan ibadah boleh dilakukan dengan protokol kesehatan.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Kerjasama Gereja-gereja (BKSG) Kota Tegal Handoyo menyatakan, seluruh gereja di Kota Tegal sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik sesuai yang ditentukan Pemkot Tegal.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!