Ketua PNKT Pastikan Enam ABK Tenggelam Di Masalembo

Vimanews-TEGAL- Hilangnya enam Anak Buah Kapal (ABK) asal Kota Tegal akibat Kapal Motor (KM) Minahasa yang tenggelam diperairan Masalembo dibenarkan oleh Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal Susanto Agus.

 

“KM Minahasa ini membawa 12 ABK yang terdiri dari 10 ABK asal Kota Tegal dan 2 ABK asal Pemalang. Kapal ini berangkat melaut pada, Selasa (16/7/17) lalu dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara,” ucap Susanto.

 

Berdasarkan informasi, lanjut Susanto KM Minahasa tenggelam karena diterjang ombak setelah sebelumnya KM Minahasa melempar jangkar untuk mematikan mesin yang sudah sangat panas. “Sedangkan untuk data korban, kami belum bisa memastikan karena belum ada laporan secara resmi,” katanya.

 

Mengetahui kejadian tersebut, Susanto berharap kepada pemilik kapal untuk bisa bertanggung jawab dan memberikan uang duka yang sepantasnya. Ia juga berpesan kepada nelayan untuk berhati-hati ketika melaut serta nelayan diharuskan menyiapkan peralatan untuk keselamatan.

 

Sementara itu, berbeda dengan PNKT, Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Tegal mengatakan bahwa belum ada laporan terkait tenggelamnya KM Minahasa yang mengakibatkan hilangnya ABK asal Kota Tegal. “Kita belum menerima laporan adanya kapal yang tenggelam maupun keluarga ABK yang melapor kesini, jika kejadian itu benar maka kami akan melakukan koordinasi dengan pelabuhan terkait,” ujar Kepala KSOP Kota Tegal Fatah Yasin.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!