Kirab Merah Putih Peringati Haul Mbah M Hasan Surgi Jatikusumo

Vimanews-BATANG-Dalam rangka meriahkan Haul Mbah M. Hasan Surgi Jatikusumo, Kamis (4/4/19) digelar Kirab Merah Putih yang diikuti anggota Polres Batang, Kodim 0736 Batang, Anggota Pramuka, Pelajar, Ormas dan drum band.

Kirab yang menempuh jarak 5 km tersebut, mengambil start di Pendopo Kantor Bupati Batang, Jalan Kartini melewati Jalan Gajah Mada dan finish di Makam Kedungdowo Desa Pasekaran Batang.

Bupati Batang Wihaji usai melepas pemberangkatan kirab merah putih etape 1 mengatakan, Haul Mbah Hasan Surgi Jatikusumo merupakan ulama kharismatik dan sespuh Kabupaten Batang. Maka kirab ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kita kepada sesepuh yang menorehkan sejarah panjang dalam syiar ke islaman dan keumatan.

“Leluhur harus kita hormati, dan teladani dalam menjaga dan memperjuangkan NKRI serta harus kita teruskan cita – citanya untuk bersama berbuat kebaikan dan lanjutkan syiar untuk keumatan dan kebangsaan,” kata Wihaji.

Ia juga meminta kepada masyarakat Batang untuk tetap menjaga kerukunan dan perbedaan, dalam rangka membangun Kabupaten Batang yang lebih sejahtera lagi.

“Hindari ujaran kebencian dan hoaks, saring dulu sebelum di sharing, karena ujaran kebencian dan hoaks yang kelewatan akan berakibat bersiteru antar keluarga dan saudara,” jelasnya.

Di jelaskan juga bahwa kegiatan kalau ini berbeda dengan tahun yang lalu, karena mengambil start di halaman Pendopo Kabupaten Batang, yang merupakan bagian penghormatan Pemerintah Kabupaten Batang untuk Mbah Khasan Surgi Jatikusumo.

Sementara Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga saat melepas start etape 2 di depan Mapolres mengatakan, agar kiranya tradisi yang terus dilaksanakan ini mampu meningkatkan kecintaan dan rasa bangga terhadap merah putih dan NKRI.

“Melalui kegiatan ini, Kita berharap kepada generasi muda Kabupaten Batang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi pada NKRI,” ujar Kapolres AKBP Edi.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!