Komunitas Sastrawan Tegal Terbitkan Buku Biografi Walikota

Vimanews-TEGAL-Panitia penulis buku “Biografi Kang Nur Olih-olihe Wong Sabar” Sabtu (1/9/18) Pagi, menyerahkan buku Biografi tersebut kepada Walikota Tegal HM Nursholeh di ruang kerjanya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Dr. Maufur, Lanang Setiawan selaku penyumbang tulisan merangkap alihwacan dalam basa Tegalan, Tresno Setiadi serta Wawan Setiawan sebagai pewawancara keluarga serta teman SD Kang Nursholeh semasa sekolah.

Semua yang hadir pada pertemuan tersebut kata Lanang adalah penyumbang artikel. Tak ketinggalan hadir pula cerpeni Yeye Haryo Guritno.

“Ada 26 penulis yang ikut dalam penyusunan buku yang menggunakan bahasa Tegalan tersebut,”jelas Lanang.

Lanang Setiawan selaku editor menuturkan, buku “Biografi Kang Nur Olih-olihe Wong Sabar” cukup sarat dengan sisi melik kehidupan Walikota Tegal Nursholeh sebelum menjabat sebagai walikota Tegal pengganti Siti Masitha Soeparno, gegara tersangkut masalah hukum selagi masih menjabat walikota Tegal.

“Buku tersebut menjadi kaca pengilon sejarah kelam yang dialami di Kota Tegal. Tapi dengan kesabaran Pak Nursholeh akhirnya dapat menggantikan Walikota Siti Masitha,”terangnya.

Pendek kata, lanjut Lanang, buku tentang Nursholeh perlu diketahui oleh siapapun agar menjadi pelajarsn berharga. “Khususnya bagi orang yang menjadi walikota di Tegal,” tegas Lanang Setiawan.

Menurut Lanang, menjadi Walikota Tegal jangan main-main. Karna Tegal adalah sumbu pendek yang gampang meledak. “Sudah tiga kali Walikota Tegal berakhir dengan peristiwa mengenaskan. Maka, Tegal kuwe aja nggo dolanan. Artinya Kota Tegal ini jangan dibuat main-main,”tandasnya.

Lebih lanjut Lanang mengatakan, pertemuan dengan Walikota Tegal, dimaksudkan untuk memantapkan waktu tepat buat menentukan hari dan tanggal serta bulan peluncuran buku “Biografi Kang Nur Olih-olihe wong Sabar”.

“Pertemuan kami dari Komunitas Sastrawan Tegalan untuk memastikan tanggal dan bulan peluncuran,” katanya.

Walikota Tegal Drs. HM NursholehM.M.Pd yang biasa disebut Kang Nur nampak berseri ketika menerima buku yang diserahkan oleh Dr. Maufur.

“Saya bangga kerja kalian tepat waktu,” ungkap Walikota.

Walikota mengatakan untuk teknis peluncuran buku bakal dipilih pada minggu pertama bulan Oktober 2018. Pelaksanaannya di Pendopo Ki Gede Sebayu dalam lingkungan Balaikota Tegal.

“Kita akan mengundang semua tokoh masyarakat, politik, seniman, jajaran kepala dinas, dan kaum akademis serta guru-guru sekitar Tegal. Insya Allah masyarakat Tegal kita undang,”ujar Nursholeh.

Sementara itu, Dr. Maufur selaku penulis pengantar dan penyumbang artikel menambahkan, saat ini buku tersebut sedang dalam proses percetakan. “Kami mengejar jadwal peluncuran yang sudah kami sepakati.”

Menyinggung isi buku, pihaknya sangat suka karena dari 26 penyumbang artikel memahami siapa sesunguhnya walikota Tegal Kang Nur juga ngerti situasi yang terjadi pada masa sebelum Kang Nur menjabat walikota.

“Buku ini sangat layak dibaca. Apalagi di dalam buku tersebut, masyarakat bisa lebih tahu siapa Kang Nur yang sebenarnya dan bagaimana masa kecil Kang Nur. Semua ada di buku tersebut,” pungkas Maufur.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!