Menteri BUMN Resmikan Teras Usaha Nelayan Kota Tegal

terasBRI copy

TEGAL. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno melakukan kunjungan kerja ke Kota Tegal Jawa Tengah,Minggu (4/10/15).

Sesaat setelah tiba di Kota Tegal, Menteri BUMN bersama rombongan menuju ke TPI Jongor untuk meresmikan Teras Usaha Nelayan.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, pembangunan Teras Usaha Nelayan Kota Tegal merupakan bagian Program BRI Peduli. Kota Tegal yang dikenal sebagai Kota Bahari ini hampir sebagian besar penduduknya mengandalkan sektor perikanan sebagai mata pencaharianya. Sehingga, harus mendapatkan perhatian khusus untuk dapat menumbuhkan pertumbuhan ekonomi penduduk setempat.

“Teras Usaha Nelayan ini merupakan program CSR BRI Peduli. Dan juga sebagai wujud kepedulian kami dengan pembangunan sarana usaha bagi nelayan,”ujar Asmawi Syam disela peresmian Teras Usaha Nelayan di TPI Jongor.

Menurut  Asmawi Teras Usaha Nelayan itu diperuntukkan bagi dua kelompok nelayan usaha ikan asin dan pengasapan. “Dua kelompok usaha nelayan ini yakni, nelayan ikan asin Kelurahan Muarareja dan kelompok usaha nelayan pengasapan ikan di Kelurahan Tegalsari,”jelasnya.

Asmawi  berharap, Teras Usaha Nelayan dapat bermanfaat bagi para nelayan di Kota Tegal. Tak hanya itu, kedepan program BRI Peduli ini juga akan memberikan empat proyek program lainya dengan gelontoran dana sebesar Rp 1,5 Miliar.”Dana CSR BRI Peduli ini akan dilakukan sampai semester kedua tahun 2015,”imbuhnya.

Lebih lanjut Asmawi menjelaskan, keempat proyek CSR BRI Peduli lainya yakni, berupa bantuan 27 cerobong asap bagi pedagang ikan asap di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat. Pemberian 27 coolbox untuk nelayan, pembangunan sumur artesis dan pavingisasi, serta bantuan widik atau tempat jemur ikan bagi nelayan sebanyak 1.000 unit.

“Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini seluruh pembangunan sudah selesai dan bisa bermanfaat untuk usaha nelayan di Kota Tegal,”katanya.

Asmawi  juga menjelaskan , teras usaha nelayan juga dapat dimanfaatkan nelayan untuk berdagang ataupun usaha lainya. “Jadi, tidak hanya untuk usaha nelayan ikan saja. Tapi, nelayan juga dapat usaha lainya di tempat ini,”pungkasnya.[ita]

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!