Naomi dan Caesar, Sinok Sitong Kota Tegal 2015

 

IMG_20151025_174850

TEGAL. SMA Pius Kota Tegal memborong Sinok Sitong Kota Tegal pada malam Grand Final Sinok Sitong Kota Tegal 2015, Sabtu (24/10/15) di Halaman Gedung DPRD Kota Tegal.

 

Naomi Tanzil dan Caesar Alberto Fernandes, keduanya siswa SMA Pius Kota Tegal dinobatkan menjadi Sinok Sitong Kota Tegal tahun 2015. Mereka mengungguli 18 kontestan lainnya yang berhasil memasuk dalam babak 20 besar pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kota Tegal 2015.

 

Sementara pasangan juara kedua adalah Widya Nabilla dari UNDIP dan Beny Akbar DR dar Poltek Harapan Bersama, juara ketiga adalah Annisa Rizqy Ramadhanti dari SMA 3 Tegal dan Beni Sabdo Nugroho dari Universitas Pancasakti Tegal. Sedangkan juara favorit diraih oleh Umi Munajah dari SMK 1 Dukuhturi dan Juara Intellegensia adalah Sekar Mentari dari SMA 1 Tegal. Para pemenang mendapatkan trrophy dan uang pembinaan.

 

Dewan juri yang terdiri dari Sanday Jamaludin, M.Pd, dari Akademisi dan Pakar Ilmu Komunikasi Publik, K. Dyan Ningsih, SH dari bidang Kepariwisataan dan Dra. Sri Hartati dari Dinporabudpar Kota Tegal memilih keduanya menggantikan Sinok Sitong Kota Tegal tahun 2014, karena mengantongi nilai lebih dibandingkan dengan finalis-finalis lainnya. Mulai dari tahap seleksi, pembekalan dan grand final.

 

“Ya terbatasnya waktu membuat juri harus berpikir cepat menentukan juaranya. Kami sepakat sesuai nilai tertinggi hasil penilaian para juri yang kami pilih untuk menjadi Sinok Sitong Kota Tegal 2015,” ungkap Sanjay, salah satu juri.

 

Mengenai perhelatan Sinok Sitong yang berlangsung di bulan Oktober, Sanjay menyarankan dinas terkait untuk tahun mendatang melaksanakan pemilihan Sinok Sitong lebih awal. Agar lebih banyak yang berminat mendaftar sehingga persaingan dan hasilnya akan lebih baik lagi.

 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kota Tegal Drs. R. Supriyanta mengatakan juara I Sinok Sitong Kota Tegal 2015 akan menjadi perwakilan Kota Tegal dalam pemilihan Duta Wisata tingkat Provinsi Jawa Tegah yang akan diselenggarakan di Kota Magelang pada tanggal 9-14 November 2015.

 

Menurut Supriyanta pemilihan duta wisata sebelumnya diikuti oleh 52 peserta yang terdiri dari 26 orang pendaftar putra dan 26 orang pendaftar putri. “Setelah melalui proses seleksi maka terpilih 10 finalis putra dan 10 finalis putri yang berhak untuk tampil dan mengikuti seleksi pada Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kota Tegal tahun 2015,” sebut Supriyanta.

 

Walikota Tegal dalam kesempatan itu menyampaikan hadiah kepada pasangan juara I Sinok Sitong Kota Tegal. Sebelumnya Walikota pun berkesempatan memberikan pertanyaan mengenai apa upaya seorang Duta Wisata sebagai remaja agar tidak terjerumus penyalahgunaan narkoba kepada salah satu peserta menggunakan bahasa Inggris.

 

“Dengan penobatan malam ini, maka Duta Wisata terpilih secara otomatis akan berfungsi sebagai public relation untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Kota Tegal ke tingkat regional, bahkan ke tingkat global,” tutur Walikota. Untuk itu, Walikota minta duta wisata yang telah dinobatkan harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas di bidang pariwisata. Dalam rangka mempromosikan pariwisata Kota tegal ke luar daerah. Selain itu saudara juga akan menjadi wakil dari Kota Tegal ke pemilihan duta wisata tingkat provinsi Jawa Tengah. “Meskipun pada tahun – tahun yang lalu kita belum bisa meraih prestasi memuaskan, semoga tahun ini bisa meraih prestasi terbaik di tingkat provinsi,” harap Walikota.

 

Wawasan pengetahuan yang harus dimiliki Duta Wisata antara lain meliputi,  seluk- beluk,  pernak – pernik dan kebijakan serta hasil – hasil pembangunan Kota Tegal, sebagai modal dasar untuk mem-promosikan dan menginformasikannya kepada masyarakat dan berbagai pihak lainnya. [ita]

 

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!