Ribuan Umat Muslim Kota Tegal Hadiri Doa Bersama Untuk Rohingnya

Ribuan umat Islam Kota Tegal dan sekitarnya mengikuti aksi bela muslim Rohingya, Jumat (8/9/17) di depan Masjid Agung Kota Tegal.

 

Aksi dilakukan dalam bentuk Doa bersama, Orasi, Penggalangan dana dan Pernyataan sikap yang di prakarsai Forum Umat Islam Peduli Tegal (FUIPT).

 

Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yg dibacakan oleh Ustad Aad Baihaqi dan dilanjutkan dengan sambutan serta orasi.

 

Pada kesempatan pertama Ketua Forum Umat Islam Peduli Tegal, H. Nadirin Maska yang juga Ketua PD Muhammadiyah Kota Tegal mengatakan betapa luar biasanya kekejaman yang dilakukan kepada umat muslim Rohingya.” Untuk itu saya mengajak kepada seluruh umat yang hadir disini memberikan donasinya untuk membantu muslim Rohingya,”ujarnya.

 

Kepedulian ini, kata Nadirin,harus kita pupuk dari bawah, mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi untuk memberikan donasinya.

 

“Inilah satu hal yang luar biasa, tidak hanya di Kota Tegal, namun diseluruh pelosok Indonesia melakukan hal yang sama,”katanya.

 

dr Abdal Hakim Tohari Ketua NU Kota Tegal dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa nilai-nilai kemanusiaan di Rohingya telah direnggut. “Oleh karena itu atas kekejaman tersebut saya mengajak kepadaumat muslim sekalian, kita dorong untuk memberikan dukungan kepada muslim Rohingya agar mendapatkan hak-nya,” beber Abdal Hakim.

 

Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa menyampaikan keprihatinan, bahwa Polres Tegal Kota juga mengecam krosis kanusiaan yang terjadi di Rohingya.”Kami dari Polres Tegal Kota tetap koordinasi dengan Tokoh Agama dan Forkompinda dan diharapkan kegiatan ini dapate memberikan kontribusi untuk membantu Muslim Rohingya,”ungkap Kapolres.

 

Pengasuh Ponpes Darusalam Jatibarang Brebea, Said Basalamah dalam orasinya mengatakan kebiadapan yang terjadi di Rohingya adalah diluar batas kemanusiaan. “Umat Islam terbanyak didunia ada di Indonesia, maka sepantasnya apabila Pemerintah mengambil sikap untuk membantu Muslim Rohingya,”tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Kementerian Agama Kota Tegal H Ahmad Farhan menyampaikan Islam Rohingya dalam rumus Islam, “Barangsiapa yang membunuh manusia tanpa alasan, sama saja dengan mbunuh semua orang, dan barangsiapa menghidupkan manusia, maka sama saja dengan menghidupkan semua manusia.”

 

Untuk itu,lanjut Farhan, mari kita membantu menghidupkan Muslim Rohinya.

 

Sedangkan Habib Tohir bin Abdullah Alkaff sangat mengecam tindakan semena mena yang terjadi terhadap umat Islam Rohingnya Myanmar.

 

“Keberadaan kita saat ini yang pertama dapat menyelamatkan diri kita dan Umat Muslim Rohingya.
Kita tidak akan diakui umat Nabi Muhammad SAW jika kita tidak peduli dengan saudara mulim yang lain.Mari kita tunjukkan kepada Allah SWT bahwa kita peduli dengan saudara muslim Rohingya,”ujarnya.

 

Selama negara mayoritas muslim, lanjut Habib Thohir, agama minoritas manapun akan aman, umat Islam tidak mungkin membantai umat non muslim lainya.

 

Bala tentara itu ada dua. Bala tentara diatas bumi dan Bala tentara diatas langit, dan Allah SWT awali bala tentara diatas langit lebih hebat.” Untuk itu kita berdoa agar Allah menurunkan Bala tentara dari atas langit.Tunjukan ahlak kita, bahwa apapun yang dialami Muslim Rohingya, kita jangan melakukan tindakan melanggar hukum, mari kita doakan lewat majlis ini, agar Allah segera menurunkan bala tentara dari langit,” pungkas Habib Thohir Al Kaff.

 

Kegiatan doa bersama ini diakhiri dengan pernyataan sikap Forum Umat Islam peduli Tegal yang dibacakan oleh H. Nadirin Maskha didampingi ketua PCNU Kota Tegal dr Abdal Hakim sebagai berikut  :
Mencermati perkembangan yang terjadi terhadap udara-saudara seiman  di wilayah Rohingya Myanmar beberapa waktu belakangan, kekerasan yang menunjukkan bahwa tindak kekerasan yang terjadi tidak berkurang malah dapat dikategorikan semakin mengarah kepada pembersihan etnis  (ethnic cleansing). Hal itu terkonfirmasi dari beberapa sumber institusi, media nasional, maupun media internasional.

 

Sebagai wujud kewajiban sebagai muslim dan kewajiban kemanusiaan, maka dengan ini Forum Umat Islam Peduli (FUIP) Tegal menyatakan sikap dan rencana aksi sebagai berikut.

1.FUIP TEGAL mengutuk sekeras-kerasnya
tindak kekerasan yang jelas-jelas mengarah pada pembersihan suku (ethnic  cleansing ) etnis muslim Rohingya di Rakhine State oleh militer Myanmar.

 

2. FUIP Tegal memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia internasiocal yang sudah berinisiatif memberikan berbagai bentuk pembelaan dan bantuan, serta mengajak untuk terus melanjutkan dukungan terbaik untuk muslim etnis Rohingya.

 

3. FUIP Tegal memohon dengan Hormat kepada Bapak Presiden Republik Indonesia sebagai Kepala Negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan negara ASEAN terbesar, untuk bertindak lebih nyata dalam upaya menghentikan pembersihan etnis musiim Rohingya melalui jalur bilateral dan multilateral, baik melalui ASEAN OK, dan PBB dengan agenda utama menyelamatkan warga sipil yang tidak bersenjata dan memulihkan kewarganegaraan etnis Rohingya sebagai bagian integral dari Negara Myanmar.

 

4, FUIP Tegal menyeru kepada seluruh elemen umat Islam untuk terus mendekatkan diri pada Allah Suhhuanahu Wa Ta ‘ alaa dengan membaca doa Qunut  Nazilah ,meningkatkan ukhuwwah dan kepedulian kepada sesama umat Islam, terus bekerja sama dengan saling menghormati kepada umat agama lain, demi menjaga keutuhan NKRI menuju keridloan Allah Subhaanahu Wa Ta ‘alaa.

 

5. Pencabutan nobel perdamaian dunia aung san suu kyi dan seret ke mahkamah internasional.

 

6. Usir Dubes Myanmar di Indonesia dan tutup hubungan bilateral Indonesia dengan Myanmar.

 

Selesai membacakan Penyataan Sikap, selanjutnya FUIPT melaksanalan long march menuju Balai Kota untul menyerahkan Pernyataan Sikap kepada Pemerintah Kota Tegal.

 

Perwakilan FUIP Tegal diterima oleh Assisten I Herlin yang mewakili Plt Walikota Tegal menerima Pernyataan sikap yang disampaikan oleh perwakilan FUIP Tegal.

 

Perwakilan dari Pemkot Tegal menyatakan akan terus memberi dukungan serta meneruskan Pernyataan Sikap FUIPT kepada Presiden RI.

 

Hasil donasi yang terkumpul untuk membantu umat Islam Rohingnya hingga pukul 16.20 wib sebesar Rp 58.406.500 ditambah 17000 US Dollar.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!