Rice Bowl Kecapitpiting Kuliner Kekinian Brebes

Vimanews-BREBES-Memang tak pernah bosan membicarakan mengenai kuliner. Apalagi kuliner kekinian yang penuh kreasi dengan tampilan _eye catching_ sedap dipandang mata, menambah ketertarikan untuk menyantapnya.

Rice bowl salah satu bentuk kuliner kekinian yang banyak diminati masyarakat sekarang ini. Kemasan bulat mirip mangkok dengan sajian nasi dan berbagai menu merupakan gambaran rice bowl trend masa kini.

Simple dan praktis dalam penyajiannya merupakan alasan mengapa rice bowl banyak diminati oleh masyarakat.

Kecapitpiting Kepiting Brebes, salah satu brand lokal usaha kuliner menyajikan rice bowl kekinian yang mampu menarik banyak konsumen.

Pemilik brand Kecapitpiting Kepiting Brebes, Ari Triswahyono mengatakan brand lokal yang berdiri 1 September 2017 ini, memulai usahanya dengan menjual kepiting dengan sistem pengantaran secara mandiri dari rumah ke rumah, made by order.

“Sistem pemasaran yang kami lakukan_mouth to mouth_, dari juga penjualan secara online,” jelas Ari saat ditemui di Rumah Produksinya Gang Masjid Al Marzuq Griya Sakinah Estate Pasarbatang Brebes, Senin (2/1/2020).

Termasuk dengan memanfaatkan media sosial; Instagram, Facebook, YouTube, kecapitpiting brebes mampu eksis dan meningkatkan penjualan kepiting saat itu.

Dengan harga per porsi Rp. 110.000 saat itu, mampu dipasarkan hingga ke berbagai kecamatan di wilayah Pantura seperti Wanasari, Bulakamba, Ketanggungan, Larangan, hingga Losari.

Keberhasilan pemasaran secara online pun, kata Ari, tidak hanya disekitar wilayah Pantura saja, tetapi juga sampai diluar Pantura, seperti daerah Semarang dan sekitarnya.

“Meskipun lelah, tapi saya yakin perjuangan tidak akan mengkhianati hasil,” ungkap Ari.

Pria lulusan SMA ini pun kemudian menceritakan, sejak adanya regulasi ekspor kepiting telor, usaha kepitingnya mengalami kendala, sehingga pada bulan Oktober 2019 Kecapitpiting Kepiting Brebes melakukan diversifikasi usaha dengan membuat menu rice bowl.

Berupaya tidak menghilangkan ciri seafood nya, rice bowl nya tetap mengusung menu rasa seafood, seperti udang geprek, cumi krispi. Menu rice bowl lainnya pun tetap diminati seperti chicken katsu dan chicken teriyaki.

Dengan harga kisaran Rp 13.000 – Rp 20.000, rice bowl Kecapitpiting Kepiting Brebes tetap diminati. Bahkan menu unggulan, Kepiting Bakar Asapnya pun banyak diminati pula.

Dalam hal pemasaran kecapitpiting Brebes telah bekerjasama dengan pihak penyedia jasa antar online seperti GoFood maupun GrabFood, sehingga konsumen dapat menjangkau produknya dengan mudah.

Melalui kemudahan dalam menjangkau produknya, Kecapitpiting Kepiting Brebes pun saat ini mampu meraih omset bulanan berkisar Rp 12 juta – Rp 17 juta.

“Kami rencana akan melakukan pengembangan usaha dan menjangkau pemasaran lebih luas, Kecapitpiting Brebes pun berencana membuka cabang di beberapa daerah seperti Slawi dan Tegal Kota,” bebernya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut pemilik brand Kecapitpiting Brebes sebagai pelaku bisnis yang berkecimpung di dunia kuliner mempunyai harapan kepada pemerintah agar pemerintah memberikan pelatihan manajemen bagi usaha kecil guna peningkatan SDM dibidang UMKM khususnya bisnis kuliner.(Bayin)

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!