Sebanyak 210 Siswa Dilatih Etika Berlalu Lintas

10 copy

BREBES.Sebanyak 210 siswa SMP/MTs, SMA/MA, SMK se Kabupaten Brebes dilatih etika berlalu lintas di jalan. Dengan harapan para siswa dapat mengetahui dan menerapkan peraturan berlalu lintas. Sehingga dapat mengurangi pelanggaran berlalu dilakukan anak-anak usia sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kepala unit pendidikan dan rekayasa lalulintas (Kanit Dikyasa) IPTU Suroto pada penyampaian paparan seminar Pemantapan Kebangsaan bagi pelajar se Kabupaten Brebes, di Aula SMA N 2 Brebes, Sabtu (3/10/15).

Menurut Suroto, anak usia dibawah 17 tahun tidak pantas mengendarai sepeda motor apalagi mobil. Bahkan UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan sudah mengatur tentang larangan tersebut. “Kami tidak akan mentolerir anak-anak yang tidak mengindahkan etika berlalu lintas,” tegasnya.

Suroto menerangkan berbagai hal etika berlalu lintas seperti penggunaan lampu utama motor, belokan dan simpangan, kecepatan berkendaraan, pengetahuan tentang jalur dan lajur, dan lain.

Dalam kesempatan tersebut para siswa yang mampu menjawab pertanyaan mendapat hadiah berupa helm SNI. “Bila anak-anak sudah mematuhi hokum yang berlaku di Indonesia seperti berlalu lintas, maka bisa berkontribusi dalam peningkatan kekuatan kecintaan terhadap bangsa Indonesia,” tandasnya.[ita]

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!