Polres Tegal Bersinergi Bersama TNI Gelar Simulasi SAR Antisipasi Bencana

Vimanews- TEGAL-TNI-Polri Tegal bersinergi melaksanakan latihan SAR Bersama di Obyek Wisata Purwahamba Indah (Pur’in) Kabupaten Tegal, Rabu, (3/3/21) Pagi.

Latihan Simulasi penyelamatan saat terjadi bencana alam seperti banjir, diikuti sekitar 60 personel gabungan dari Polres Tegal, Kodim 0712 Tegal serta Pangkalan TNI AL Tegal.

Hadir dalam kegiatan  saat simulasi, Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, didampingi Kasdim 0712 Tegal, Mayor Cba Eko Budi Suharjo, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Letkol Mar Ridwan Azis.

Kapolres AKBP Muhammad Iqbal menyampaikan kegiatan pada pagi ini adalah wujud sinergitas TNI Polri.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan pelatihan SAR bersama, dimana kita mengantisipasi karena cuaca pada saat ini tinggi curah hujan,” kata Kapolres.

Nanti, sambungnya, apabila terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya kita sudah siap.

“Jadi anggota TNI Polri bersama masyarakat nanti paling tidak sudah tahu, tugasnya sebagai apa dan perannya sebagai apa. Jangan sampai nanti terjadi kesalahan pada saat upaya-upaya melakukan SAR,” ujarnya.

Untuk materi pada pagi hari ini, menurut Iqbal,  penyelamatan dan evakuasi.

“Penyelamatan di air, bagaimana kalau air nanti datang atau bagaimana cara penyelamatan bareng-bareng dari rekan TNI memberikan masukan dan dari Polri sama-sama berbaur,” jelas Kapolres.

Terkait peralatan tanggap bencana, sampai dengan saat ini simulasinya memadai, karena peralatan yang dibawa saat ini adalah untuk simulasi.

Namun, peralatan lain sudah tersimpan di kantor masing-masing dalam kondisi yang sudah siap pakai.

“Kita tidak berharap ada bencana di Kabupaten Tegal. Namun, karena curah hujan tinggi seperti di daerah Bumijawa karena mungkin bentuk struktur tanahnya lembut dan labil dapat terjadi patahan-patahan,”terang AKBP Muhammad Iqbal Simatupang

“Sehingga nanti kita sudah siap mengantisipasi jika terjadi longsor-longsor kecil. Dari Pemkab juga sudah siap untuk mengantisipasi,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!